Kamis, 04 September 2014

Pengolahan Air Untuk Boiler (Ketel Uap)



UNIT PENGADAAN UAP


 

Uap (Steam) sangat berperan penting dalam proses untuk menggerakkan mesin-mesin bertenaga uap dan pemanas awal. Sebuah ketel uap (boiler) digunakan untuk mengubah air menjadi uap dengan pertolongan panas. Ditinjau dari tenaga termis (panas) yang didapat dengan pembakaran bahan bakar, ketel uap termasuk External Combustion Engine, yaitu pesawat tenaga dimana pembakaran bahan bakar dilakukan di luar pesawat (mesin uap) itu sendiri.

Uap yang dihasilkan mempunyai tenaga termis, tenaga potensial dan tenaga kinetis yang dimanfaatkan sebagai berikut:
      a. Tenaga termis yang dikandung uap dapat langsung digunakan sebagai bahan pemanas pada proses  industri.
      b. Tenaga potensial dari uap diubah menjadi tenaga mekanik dengan mesin uap untuk selanjutnya diperoleh tenaga mekanik.
      c.  Tenaga kinetis dari uap diubah menjadi tenaga putar dengan suatu turbin uap. Selanjutnya dapat digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik.



A. Ketel Uap
ketel uap adalah suatu pesawat yang digunakan untuk mengubah air yang ada di dalamnya menjadi uap dengan cara dipanaskan. Dengan adanya bahan perantara air tersebut, maka di dalam ketel uap harus ada ruang atau tempat air. Uap yang dibentuk di dalam ketel mempunyai tekanan yang lebih besar dari pada tekanan udara luar, maka ketel harus mampu menahan tekanan uap tersebut. Kekuatan ketel uap tergantung dari bentuk dan bahannya. Bentuk yang lebih kuat untuk menahan tekanan yang lebih besar dari dalam adalah bentuk bulat cembung dan silinder sebab dengan bentuk semacam itu sukar berubah bentuknya yang disebabkan oleh tekanan dari dalam. Tetapi bentuk bulat cembung ini tidak digunakan untuk ketel uap karena konstruksinya yang sulit unruk dikerjakan. Oleh karena itu pada umumnya ketel uap dibuat dalam bentuk silinder. Bahan untuk ketel uap harus baik karena disamping harus menahan tekanan yang tinggi juga harus tahan pada suhu yang tinggi. Biasanya digunakan baja Siemens-Martin yang liat dan mudah dikerjakan.






Air Pengisi Ketel



A.    Sumber-sumber air pengisi ketel

Macam-macam air yang dapat digunakan sebagai air pengisi ketel adalah air sumur dan air kondensat. Air kondensat sudah murni sehingga tidak perlu mengalami pengolahan yang khusus, sedangkan untuk air yang berasal dari sumur perlu mendapat pengolahan-pengolahan lebih dahulu.

B.     Syarat Air Pengisi Ketel

Pada dasarnya air yang akan digunakan, terutama yang digunakan sebagai air pengisi ketel, harus memenuhi syarat. Air yang berasal dari alam (sungai dan tanah) tidak ada yang dalam keadaan murni, biasanya terdapat pengotor-pengotor, antara lain :
1. Zat tersuspensi, seperti lumpur dan tanah liat. Biasanya dihilangkan dengan penyaringan.
2. Zat terlarut, seperti garam-garam mineral (garam magnesium, kalsium dan lain-lain).




Tabel 5-1. Syarat air pengisi ketel dan air ketel


Spesifikasi Air
pengisi ketel
Air ketel

Kesadahan
< 0,1 OD
<0,1 OD
pH
7,5-8,0
10,0-10,8

TDS
Tidak nyata
max 1500

PAlkali
50 ppm
300 ppm

M Alkali
100 ppm
500 ppm

Chlorine
Tidak nyata
max 70 ppm
Sulfit
30 ppm
max 60 ppm

Oksigen
Tidak nyata
-

Silikat
Tidak nyata

-
Fe

Tidak nyata
P205

Max 30 ppm

 



 
 
 



A.    Persyaratan air umpan boiler :

Boiler atau ketel uap merupakan sebuah alat untuk pembangkit uap dimana uap ini berfungsi sebagaizat pemindah tenaga kaloris. Tenaga kalor yang dikandung dalam uap dinyatakan dengan entalpi panas.
     
Hal-hal yang mempengaruhi efisiensi boiler adalah bahan bakar dan kualitas air umpan boiler.Parameter-parameter yang mempengaruhi kualitas air umpan boiler antara lain:
1.      Oksigen terlarut, dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan korosi pada peralatan boiler.
2.      Kekeruhan, dapat mengenda pada perpipaan dan peralatan proses serta mengganggu proses.
3.    PH. Bila tidak sesuai dengan standar kualitas air umpan boiler dapat menyebabkan korosi pada peralatan
4.      Kesadahan, merupakan kandungan ion Ca dan Mg yang dapat menyebabkan kerak pada peralatan serta perpipaan boiler sehingga menimbulkan local overheating
5.      Fe, dapat menyebabkan air bewarna dan mengendap disaluran air dan boiler bila teroksidasi oleh oksigen

Secara umum air yang akan digunakan sebagai umpan boiler adalah air yang tidak mengandung unsur yang dapat menyebabkan terjadinya endapan yang dapat membentuk kerak pada boiler dan air yang tidak mengandung unsur yang dapat menyebabkan korosi boiler. 


Berikut ini merupakan persyaratan bakumutu air umpan boiler :
Tabel baku mutu air umpan boiler

Parameter
Satuan
Ukuran
PH
unit
10,5-11,5
Conductivity
Ymhos/cm
5000, max
TDS
Ppm
3500, max
P-Alkalinity
ppm
-
M- Alkalinity
Ppm
800 , max
O – Alkalinity
Ppm
2,5 x SiO2 , min
T - Hardness
Ppm
-
Silica
Ppm
150, max
Besi
Ppm
2, max
PHospat residual
Ppm
-
SulpHite residual
Ppm
20,50
PH Condensate
Unit
8,0 – 9,0

Harga PH pada air umpan boiler dan air pendingin penting untuk diperhatikan untuk mencegah terjadinya korosi. Terdapat hubungan antara PH dan laju terjadinya korosi pada bahan kontruksi dari logam mid steel yang menunjukkan adanya kecenderungan menurunnya korosi dengan naiknya harga pH . Namun pada bahan kontruksi dari logam Cu terjadi sebaliknya, yaitu kecenderungan laju korosi menaik dengan menaiknya harga pH diatas 9.

A.    Karakteristik air boiler :
       
           1.      PH
Merupakan indikasi untuk keasaman suatu zat . PH (Pondus hidrogenium) ditentukan oleh jumlah hydrogen bebas (H+) dalam suatu zat. PH adalah factor logaritmik, ketika sebuah larutan menjadi 10x lebih asam, PH akan jatuh oleh satu unit.
          2.      Daya hantar listrik/konduktivitas
Daya hantar listrik adalah kemampuan dari larutan untuk menghantarkan arus listrik yang dinyatakan dalam pmhos/cm. Harga daya hantar listrik dari umpan air boiler di[erhatikan untuk mencegah terjadinya endapan kerak pada bagian permukaan perpidahan panas dan untuk menjaga kemurnian steam.
         3.      Alkalinitas
Didefinisikan sebagai jumlah anion dalam air yang akan bereaksi untuk menetralkan ion H+ . Harga alkalinitas tinggi tidak dikehendaki untuk umpan air boiler karena dapat menimbulkan pembusaan dan carryover.
        4.      Kesadahan, karbonat dan non karbonat
        5.      Silica
       6.      Besi
       7.      Phospat
       8.      Turbiditas, sifat optic dari suatu larutan yang menyebabka cahaya yang melaluinya terabsorsi.
       9.      TTS ( Total Suspendied Solid)


   E. Pengolahan Eksternal Air Umpan Boiler
Pengolahan eksternal digunakan untuk membuang padatan tersuspensi, padatan telarut  (terutama ion kalsium dan magnesium yang merupakan penyebab utama pembentukan  kerak) dan gas- gas terlarut (oksigen dan karbon dioksida).
      Proses perlakuan eksternal yang ada adalah:
      1.      Koagulasi dan Flokulasi
      2.      Sedimentasi
      3.      Filtrasi
      4.      Demineralisasi
      5.      Softening
      6.      Deaerasi
Metode pengolahan awal adalah sedimentasi sederhana dalam tangki pengendapan  ataupengendapan dalam clarifiers dengan bantuan koagulan dan flokulan. Penyaring  pasirbertekanan, dengan aerasi untuk menghilangkan karbon dioksida dan besi.
    
    E.1 Koagulasi dan Flokulasi
Koagulasi dan flokulasi yaitu proses pemberian bahan-bahan koagulan dan flokulan  kedalam air umpan boiler dengan cara penginjeksian. Koagulasi merupakan proses  netralisasi muatan sehingga partikel-partikel dapat saling berdekatan satu dengan yang  lainnya. Flokulasi merupakan proses penyatuan antar partikel-partikel yang sudah  saling berdekatan satu dengan yang lain sehingga partikel-partikel akan saling menarik dan membentuk flok.  Untuk menurunkan turbidity pada inlet clarifier diinjeksikan bahan kimia, yaitu :
      a.  Aluminium Sulfat (Al2(SO4)3 . 18 H2O)
      b.  Natrium Hidroksida (NaOH)
      c.   Klorin (Cl2)
      d.  Coagulant Aid (Polymer) 

    E.2  Sedimentasi
Tujuan sedimentasi adalah  memberikan kesempatan kepada partikel-partikel besar  untuk mengendap dan partikel yang lebih halus akan membutuhkan waktu endap yang  lebih lama.
   
    E.3  Filtrasi
Pengolahan dengan cara filtrasi dapat dilakukan dengan cara penyaringan zat padat  tersuspensi didalam air sebelum air diisikan kedalam boiler. Efisiensi  saringan paling  baik bila unit beroperasi pada kecepatan aliran terkecil, padatan akan melalui media  membawa padatan bersamanya. Demikian pada tekanan yang tinggi dapat  memecahkan media akan keluar pada saat dilakukan backwash.
    
    E. 4  Demineralisasi
Demineralisasi berfungsi untuk membebaskan air dari unsur-unsur silika, sulfat,  chloride  (klorida) dan karbonat dengan menggunakan resin. Diagram Alir proses  seperti gambar dibawah ini:
 





Gambar 2.4 Diagram Alir Demineralizer
a.  Cation exchenger
Proses ini bertujuan untuk menghilangkan unsur-unsur logam yang berupa ion- ion positif yang terdapat dalam air dengan menggunakan resin kation R-SO3H (type Dowex Upcore Mono A-500). Proses ini dilakukan dengan melewatkan air melalui  bagian bawah, dimana akan terjadi pengikatan logam-logam tersebut oleh resin. Resin  R-SO3H ini bersifat asam kuat, karena itu disebut asam kuat cation exchanger resin.

Proses ini menghasilkan asam seperti asam seperti HCl, H2SO4 dan asam-asam lain. Keasaman berkisar antara Ph 2,8 – 3,5. untuk memperoleh resin aktif kembali, dilakukan regenerasi dengan menambahkan H2SO4 pada resin tersebut. 

 b.    Degasifier  
 
Dari  cation tower  air dilewatkan ke  degasifier  yang berfungsi untuk menghilangkan gas CO2 yang terbentuk dari asam karbonat pada proses sebelumnya. 

Reaksi yang terjadi adalah :
H2CO3   ----->      H2O  +  CO2

Proses di degasifier  ini berlangsung pada tekanan vakum 740 mmHg dengan  menggunakan  steam ejektor, di dalam tangki ini terdapat netting  ring  sebagai media untuk memperluas bidang kontak sehingga air yang masuk terlebih dahulu diinjeksikan dengan  steam.. Sedangkan keluaran  steam ejektor dikondensasikan dengan menginjeksi air dari bagian atas dan selanjutnya ditampung dalam  seal pot sebagai umpan  recovery tank, maka CO2 akan terlepas sebagai fraksi ringan dan air akan turun ke bawah sebagai fraksi berat.

c.    Anion Tower   

Berfungsi untuk menyerap atau mengikat ion-ion negatif yang terdapat dalam kandungan air yang keluar dari  degasifier. Resin pada  anion exchanger  adalah R = NOH (Tipe  Dowex Upcore Mono C-600). Reaksi ini menghasilkan H2O, oleh karena itu air demin selalu bersifat netral.Selanjutnya air  outlet anion tower masuk ke mix bed polisher  dari bagian atas. Air keluar tangki ini memiliki pH = 7,5    8,5. Untuk memperoleh resin aktif kembali,  dilakukan regenerasi dengan menambahkan NaOH pada resin tersebut. 

d.  Mix Bed Polisher  

Berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa logam atau asam dari proses  sebelumnya, sehingga diharapkan air yang keluar dari mix bed polisher  telah bersihdari kation dan anion. Di dalam mix bed polisher digunakan dua macam resin yaitu resin kation dan resin anion yang sekaligus keduanya berfungsi untuk menghilangkan  sisa kation dan anion, terutama natrium dan sisa asam sebagai senyawa silika, dengan reaksi sebagai berikut :
Reaksi Kation :

Na2SiO3  +   2 R – SO3H      ---->         2 RSO3Na +  H2SiO3
Reaksi Anion :
H2SiO3   +   2 R = N – OH    ---->       2 R=N-SiO3 +  H2O 

 Air yang telah bebas mineral tersebut dimasukkan ke polish water tank  dandigunakan untuk air umpan boiler. Air yang keluar dari mix bed polisher ini memiliki  pH antara 6 – 7. ( Anonymous. 1994 ) 

E.5 Deaerasi  
 
Dalam deaerasi, gas terlarut, seperti oksigen dan karbon dioksida, dibuang dengan  pemanasan awal air umpan sebelum masuk ke boiler. Seluruh air alam mengandung  gas terlarut dalam larutannya. Gas-gas tertentu seperti karbon dioksida dan oksigen,  sangat meningkatkan korosi. Bila dipanaskan dalam sistim boiler, karbon dioksida(CO2) dan oksigen (O2) dilepaskan sebagai gas dan bergabung dengan air (H2O)  membentuk asam karbonat (H2CO3). 

Penghilangan oksigen, karbon dioksida dan gas lain yang tidak dapat  terembunkan dari air umpan boiler sangat penting bagi umur peralatan boiler dan juga  keamanan operasi. Asam karbonat mengkorosi logam menurunkan umur peralatan dan  pemipaan. Asam ini juga melarutkan besi (Fe) yang jika kembali ke boiler akan  mengalami pengendapan dan meyebabkan terjadinya pembentukan kerak pada boiler dan pipa. Kerak ini tidak hanya berperan dalam penurunan umur peralatan tapi juga  meningkatkan jumlah energi yang diperlukan untuk mencapai perpindahan panas.


 


31 komentar:

  1. Sy merasa senang dg adanya tulisan kalian ttg air boiler dan keterangan,dampak dari zat yg terkandung dlm air. Trimakasih

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Terimakasih.. informasi yang bagus.

    BalasHapus
  4. Terimakasih.. informasi yang bagus.

    BalasHapus
  5. Terimakasih sudah mampir di blog saya , semoga bermanfaat. Maaf jika ada kurangnya

    BalasHapus
  6. Thanks infonya gan, mantabbbbssss.........
    Ditunggu postingan2 berikutnya.

    PT. Gowima Bangun Sejahtera
    Water Treatment Plant

    BalasHapus
  7. Informasi yg bermanfaat, semoga tetap menjadi orang yg bermanfaat... :)

    BalasHapus
  8. terimakasih artikelnya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  9. terima kasih sangat bermanfaat, ada dapusnya engg kak?

    BalasHapus
  10. T kasih..
    Sangat membantu saya..

    BalasHapus
  11. terima kasih info nya bos ku.

    BalasHapus
  12. Ananda Annes Niwayatul.
    Bapak suka sekali dengan tulisanmu.
    Bapak bukan operator boiler tapi ingin mempelajarinya. Mudah2an Annes berkenan untuk dicopy tulisannya ini sebagai referensi bapak.
    Semoga Annes semakin menjadi anak yang pintar dan sholihah.

    BalasHapus
  13. Saya sebagai operator boiler merasa bangga&terbantu dengan adanya tulisan ini,sebagai ilmu jg pengetahuan.

    BalasHapus
  14. ada standar baku atau SNI untuk air umpan boiler ga ? kalau ada SNI nomor brp yah ? soalnya setiap perusahaan beda beda standar untuk air umpan boiler nya..

    BalasHapus
  15. saya produksi air demin tds 0..harga murah.. karena dari sumber sudah rendah tds nya.. ada yang bisa bantu memasarkannya... ???

    BalasHapus
  16. Menjual
    ~chemicals boiler water treatment berkualitas untuk perawatan mesin boiler dari penumpukan kerak dan bahaya korosi.

    ~SCALE REMOVER chemicals cleaning boiler sebagai pelunakan kerak kapur dan silica.

    Chemicals Coagulant Waste Water Treatment yg sangat efektif untuk pengolahan air limbah industri.

    ~PAC Liquid
    ~PAC Powder
    ~Decoloring Agent
    ~Polymer Anionic
    ~Polymer Cationic
    Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya di email :tommy.transcal@gmail.com(tommy)

    BalasHapus
  17. Menjual
    ~chemicals boiler water treatment berkualitas untuk perawatan mesin boiler dari penumpukan kerak dan bahaya korosi.

    ~SCALE REMOVER chemicals cleaning boiler sebagai pelunakan kerak kapur dan silica.

    Chemicals Coagulant Waste Water Treatment yg sangat efektif untuk pengolahan air limbah industri.

    ~PAC Liquid
    ~PAC Powder
    ~Decoloring Agent
    ~Polymer Anionic
    ~Polymer Cationic
    Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya di email :tommy.transcal@gmail.com(tommy)

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Kami Menjual bahan kimia terbaik untuk perawatan Boiler dan Cooling Tower


    1. Bahan kimia Boiler
    2. Bahan Kimia Cooling Tower
    3. Bahan kimia Cleaning
    ___________________________________________________________________________
    Chemical Boiler Water Treatment

    1.PENCEGAH KERAK/ANTI KERAK : R3© CB - 101,CB - 102
    2.PENCEGAH KOROSI?ANTI KOROSI: R3© CB - 103
    3.OXYGEN SCAVANGER : R3© CB - 105
    4.PENGONTROL PH DAN ALKALINITY: R3© CB 107
    5PENCEGAH PEMBUSAAN (antifoam): R3© CB - 108
    __________________________________________________
    PRODUK PEMBERSIH/CLENER

    1.Pembersih kerak dan karang pada boiler dan head exchanger : R3© CL - 501
    2.Pembersih kerak silica/karang : R3© CL - 502
    3.Penetralisir setelah proses cleaning : R3© CL - 503
    4.Pembersih untuk boiler-out (BOILER BARU) dan FLUSHING : R3© CL - 505
    5.Pembersih alumunium/fin coil (AC, AHU) : R3© CL - 506
    6.Pembersih inorganic untuk RO : R3© CL - 507
    7.Pembersih silica dan biofilm RO : R3© CL - 508
    8.Pembersih organic untuk RO : R3© CL - 509
    _____________________________________________________________
    BAHAN KIMIA CHEMICAL COOLING system(cooling tower,heat exchanger,chiller dll

    1.Pencegah kerak dan korosi: R3© CC - 101, CB - 201
    2.Pencegah lumut (alga) pada cooling tower: R3© CC - 202
    3.Pencegah mikro organisme pada cooling tower: R3© CC - 203
    4.Pengontrol alkalinity: R3© CC - 206
    5.Pencegah pembusaan/antifoam: R3© CC - 208
    6.Pencegah korosi pada sistem sirkulasi tertutup: R3© CC - 209
    ________________________________________________________________
    RO Passivation

    1.Pengontrol endapan organik: R3© CR - 301
    2.Pencegah deposit dan menghilangkan sisa klorin (chlorine): R3© CR - 302
    3.Pengontrol inorganik seperti Ca, Si02, dll.: R3© CR - 303
    4.Pengontrol deposit organik: R3© CR 305
    ____________________________________________________________________
    PT. Brahmasta Cipta Sempurna juga menyediakan berbagai macam water treatment plant

    1. Sand Filter
    2. Iron & Manganise Filter
    3. Demineralizer
    4. Silica sand
    5. Activated Carbon
    6. Manganise Greensand
    7. Carbon Filter
    8. Water Sotoner
    9. Mixed Bed
    10.Silica Gravel
    11.Resin Anion Caion
    12.Dosing Pump, dll
    _____________________________________
    Tlp/WA : 082255792966 / 081333034500
    website : https://www.brahmasta.co.id
    _____________________________________

    BalasHapus
  20. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus
  21. Artikel nya lengkap ,tapi coba tolong jelaskan bagaimana cara menurunkan tds pada boiler ,terimakasih

    BalasHapus
  22. Posting yang sangat bagus. Saya baru saja menemukan weblog Anda dan ingin mengatakan bahwa
    saya benar-benar suka berselancar di posting blog Anda.
    Bagaimanapun saya akan berlangganan feed rss Anda dan
    saya harap Anda menulis sekali lagi segera!
    Fabrikasi Boiler di Indonesia
    Jual Steam Boiler/ketel Uap
    Fabrikasi Boiler di indonesia
    Jual Boiler bahan Bakar solar
    jual Boiler steam Vertikal
    Hot Water Boiler - PT Indira Dwi Mitra
    Jual Boiler Kapasitas 500 Kg
    Jual Boiler Gas
    Fabrikasi Boiler Lokal

    BalasHapus
  23. sumber buku untuk baku mutu air umpan boiler dan sumber air ketel apa yah

    BalasHapus
  24. Wow detail sekali, saya bekerja di Samson Indonesia Boiler belum lama berkerja di sana namun mendapat sedikit ilmu baru dari artikel ini yang sangat bermanfaat. Terima kasih banyak telah berbagi ilmu.

    Samson Indonesia Boiler adalah perusahaan steam boiler yang telah berpenglaman selama 30 tahun lebih menjual steam boiler, thermal oil heater dan hot water boiler second dan Bikinan kita sendiri.

    BalasHapus
  25. Saya sangat senang dengan adanya tulisan ini, dapat sebagai pembanding untuk pengetahuan air umpan boiler

    BalasHapus
  26. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
    Harga
    Terjangkau
    Spesial
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide

    BalasHapus
  27. Mohon masukan para Senior
    Apabila unit softener hardness trace, tetapi hardness diboiler 3 hasilnya.
    Apa yg menyebabkan ini?
    Terima kasih

    BalasHapus
  28. Bagaimana menaikan sulfite agar tidak di bawah standar paramater air boiler??

    BalasHapus
  29. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller Boiler evapko STP wwtp bakteri dan nutrisi untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  30. Halo ka, terimakasih telah berbagi ilmunya, boleh ga ka mau lihat referensi tulisannya? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus